Root Mudah Terkena Virus


Hai temen-temen semua, ketemu lagi kali ini di artikel selanjutnya, kali ini  kita bakal bahas bareng-bareng, tentang hubungan root sama virus. Kemarin-kemarin saya sering dengerkata-kata kalo root jadi mudeh kena virus, oleh karna itulah saya menulis artikel ini. Perlu di pahami dulu semuanya temen-temen, baru kita menyimpulkan, bener gak sih ?

Temen-temen semua pasti udah tau ya apa itu virus, tapi kalo root belum tentu semua tau, apalagi saya pernah denger kayak gini "Root bisa menambah ram" saya sampai berfikir darimana dapat pengertian kayak gitu. Sebelum ke pembahasan selanjutnya, silahkan temen-temen baca pengertian root.


PENGERTIAN ROOT

Melakukan root adalah sebuah proses untuk mengizinkan pengguna ponsel pintar, tablet, dan piranti lain yang berjalan pada sistem operasi Android untuk mendapatkan kontrol yang lebih tinggi (dikenal dengan "akses root") pada berbagai subsistem Android. Karena Android menggunakan kernel Linux, proses ini memberikan akses ke dalam hak administratif seperti pada Linux atau sistem operasi yang mirip dengan Linux, seperti FreeBSD atau OS X. ( wikipedia )

Kira-kira seperti itu lah pengertian menurut wiki, jadi gampang nya gini temen-temen, ponsel yang belum di root itu di batasi, kalian ga bisa mengakses sistem android untuk di modifikasi, tapi setelah root kalian menjadi super user  alias pengguna yang gak di batasi aksesnya, jadi kalian bisa memodifikasi atau mengembangan sistem android termasuk mengotak atik file di dalamnya.

Terus giman hubunganya sama virus ? silahkan temen-temen baca di bawah ini.


HUBUNGAN ROOT DENGAN VIRUS

Misalkan ada yang bilang kalo root itu jadi mudah terkena virus, jadi itu tergantung seperti apa dan bagaimana menggunakanya, bahkan smartphone yang gak di root pun juga bisa terkena virus, untuk perbedaan antara root dan tidak di root dalam kasus terkena virus hanya terdapat pada dampak yang di hasilkan, kerena jika smartphone di root maka virus dapat masuk untuk merusak sistem sendangkan kalo tidak root virus ga bisa merusak sistem atau untuk lebih jelasnya temen-temen bisa liat tebel dibawah ini.


Tabel kerusakan yang dihasilkan antara root dan tidak root.



Root
Tidak root
Sistem android error
Foto-foto rusak
bootloop
File-file seperti  foto dan video hilang
Aplikasi bawaan hilang
Memori tidak bisa dibuka
Aplikasi banyak yang error



Kira-kira seperti itulah kerusakan yang di hasilkan temen-temen, tapi semua itu kembali lagi ke user nya alis penggunaya, smartphone root pun bisa memiliki kemungkinan terkena virus lebih kecil dari pada smartphone root jika pengguna nya berhati-hati, tidak asal download file atau aplikasi tapi memastikan terlebih dahulu file dan aplikasi tersebut aman dari virus.

Nah sekian pembahasan kita tentang istilah root mudah terkena virus, misalkan temen-temen ingin bertanya, silahkan temen-temen komen dii kolom komentar.

0 Response to "Root Mudah Terkena Virus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel