Apakah Android Perlu Antivirus? Baca Penjelasanya Berikut!!


Apakah Android Perlu Antivirus

Semakin berkembangnya dunia IT terutama dibidang smartphone seperti sekarang ini membuat smakin berkembang pula program-program yang ditujukan untuk android salah satunya adalah antivirus.

Yang jadi pertanyaan, kenapa smartphone android tidak pernah dibekali dengan antivirus? Jika pertama kali kalian melakukan unboxing HP baru, pasti tidak akan ditemukan antivirus, hanya aplikasi standar bawaan saja.

Kenapa demikian?

Jika kalian berfikir bahwa tidak ada virus yang diciptakan untuk android, kalian salah!

Virus android itu ada, tetapi jarang sekali yang bisa menyerang sampai pada sistem, so ketika smartphone kalian terkena virus, kalian hanya tinggal melakukan reset pabrik dan permasalahan teratasi.

Android sendiri merupakan sistem operasi freeware, artinya dapat diunduh dan dimodifikasi secara bebas oleh siapapun. Tetapi untuk memfilter orang-orang yang dapat memodifikasi dengan orang awam, diberikan sebuah sistem keamaan untuk android.

Tujuanya adalah untuk menghindari kegagalan modifikasi yang disebabkan oleh orang awam.

Jadi kalian yang ingin memodifikasi harus menjebol sistem keamanan tersebut. Root, kalian sering dengar kan istilah tersebut?

Itu adalah sebutan untuk sistem smartphone yang sudah dijebol sistem keamananya.

Nah, virus yang bisa menyerang sistem android harus membutuhkan akses root, sehingga buat smartphone kalian yang masih orisinil tidak perlu khawatir.

Akses root sendiri dibuat dengan sebuah sistem yang berinteraksi dengan penggunaya, jadi virus tidak akan bisa masuk kedalam sistem jika penggunaya tidak mengizinkan.

Lalu bagaimana jika smartphone kita sudah terlanjur diroot?

Kembali lagi kepada penggunanya,

Semuanya ada dampak positif dan negativ, jika kalian tipe orang yang tidak begitu suka dengan yang datar-datar saja, atau kalian memang membutuhkan akses root sebenarnya tidak masalah hanya saja kalian harus waspada apakah aplikasi yang kalian install dapat dipercaya atau tidak.

Jika hanya untuk sekedar gaming mungkin tidak menjadi masalah serius, jika sudah menyangkut urusan pekerjaan alangkah baiknya tetap membuat smartphone kita di mode aman.

Jika kalian tipe orang yang sangat khawatir dengan privasi kalian yang terancam, kalian bisa melakukan flash ulang smartphone kalian.

Setiap vendor samrtphone pasti menyediakan yang namanya firmware untuk smartphone yang mereka luncurkan, cari firmware yang sesuai dengan smartphone kalian dan lakukan install ulang.

Maka semuanya akan kembali seperti awal mula.

Nah diatas kita sudah membahas tentang virus, bagaimana dia menyerang, serta cara mengatasinya, kemudian muncul pertanyaan, kenapa sih masih pada root jika smartphone bisa terkena virus?

Ini juga menjadi pembahasan yang menarik,

Dengan akses root, kalian sebagai pengguna bisa melakukan banyak hal sesuai kesenagan kalian, misalnya;

  • Memodifikasi tampilan, seperti icon batrai, sinyal
  • Melakukan penambahan animasi
  • Mengahapus aplikasi bawaan produk yang tidak penting
  • Peningkatan performa smartphone
  • Merubah SD Card menjadi penyimpanan internal

Dan masih banyak lagi yang bisa kalian lakukan yang tidak bisa dilakukan oleh pengguna normal.

Yang paling menarik disini adalah peningkatan performa,

Smartphone jaman now dibekali dengan sistem thermal, dimana ketika smartphone mulai memanas maka performa akan diturunkan.

Ditambah lagi beberapa vendor membatasi performa processor sehingga menjadi tidak maksimal, sangat merugikan, terutama untuk para gamer yang sangat menghindari lag.

Nah bagaimana menurut kalian guys? Apakah efektif jika kita menginstall antivirus di android? Ditambah lagi antivirus berbayar? Tulis komentar kalian dibawah.

0 Response to "Apakah Android Perlu Antivirus? Baca Penjelasanya Berikut!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel