Sedikit Strategi Buat Kalian Yang Masuk Ke Dunia Youtube


Sedikit Strategi Buat Kalian Yang Masuk Ke Dunia Youtube

Bertempur tanpa persiapan artinya kalian cari mati, itu tidak hanya berlaku dalam dunia perang, tetapi dalam dunia peryoutuban yang sekarang ini memiliki tingkat persaingan tinggi.

Perlu kalian ketahui bahwa saat ini google sedang meningkatkan kualitas para mitra untuk menarik para pengiklan, artinya secara kasar google sudah tidak butuh para youtuber baru, kecuali memang kualitas mereka terjamin.

Mempersiapkan strategi untuk mengatasi tingkat persaingan yang tinggi perlu kalian lakukan dalam dunia youtube saat ini,

Kenapa demikian? Begini!

#Tema

Sebelum kalian masuk dalam dunia youtube, alangkah baiknya siapkan tema yang akan kalian ambil, kalau bisa ambil tema yang masih memiliki tingkat persaingan rendah.

Kebanyakan para senior youtube hanya menyarankan untuk mengambil tema yang sama dengan hobi ataupun hal yang kalian suka. Itu memang bagus, tetapi jika tema yang kalian ambil memiliki tingkat persaingan yang tinggi itu juga akan susah.

Misalkan kalian ambil tema review, sudah banyak youtuber yang mendalami tema ini, bahkan ada yang sudah terkenal,

Coba lihat dari sudut pandang viewer yang sedang mencari review,

A, youtuber viewer yang sudah lama dan berpengalaman
B, youtuber baru dengan pengalaman yang rendah, bahkan tata cara berbicara masih blepotan.

Kalian pilih yang mana? Tentu saja sebagai orang yang ingin mengetahui tentang produk akan memilih youtuber A, karena merasa lebih terjamin kualitasnya.

misalkan ada yang klik video B, tetapi karena tata bicara blepotan, pada akhirnya akan di skip dan mancari alternative video yang lain. Dan memang seperti itu kenyataan dilapangan.

Lalu bagaimana dengan tema yang memiliki potensi bagus dengan tingkat persaingan rendah?

Admin beri contoh, animasi kartun untuk anak,

Jika kalian perhatikan, masih sedikit para youtuber yang mendalami tema tersebut dan permintaanya sangat tinggi.

Kebanyakan ibu-ibu zaman now mengasuh anaknya menggunakan smartphone dengan memutarkan video anak-anak, tidak perduli anda siapa, jika animasinya bagus akan diputar terus menerus.
Lalu tema apalagi yang berpotensi demikian? Coba kalian pikirkan!


#identitas.

Apa yang dimaksud identitas disini,

Identitas adalah karakter yang kalian bentuk dalam chanel kalian, entah itu video ataupun diri kalian sendiri.

Maksudnya apa? Kalian membuat suatu yang khas dari chanel kalian yang tidak dimiliki chanel lain.

Saya beri contoh demikian, kalian mengambil tema tentang review yang mana tema tersebut sudah jadi rebutan para youtuber, tingkat persainganya tinggi bukan?

Jika kalian berfikir dengan melakukan review yang lengkap bisa mengalahkan yang lain, kalian salah! Buat identitas kalian!

Misalkan kalian melakukan review langsung di perusahanya, atau kalian melakukan review dengan penyampaian yang lucu, dengan bahasa kekinian, dengan bahasa kasar, dll, yang akan membedakan chanel kalian dengan chanel lain. Sehingga orang-orang yang merasa memiliki karakter sesuai dengan yang kalian bentuk akan kembali lagi ke chanel kalian.

Jadi tidak hanya sekedar melakukan review yang biasa-biasa aja, kalau Cuma biasa aja mereka pastinya akan memilih yang sudah pengalaman.

Kalaupun karakter tersebut tidak tertempel pada diri kalian, cobalah tempelkan karakter tersebut pada video kalian.

Memang membentuk karakter adalah susah, kalian harus terus mengulanginya sampai para viewer tau, dan memang butuh waktu!


#Klik Bait

Jika 2 hal diatas adalah bahan utama, maka klik bait adalah bumbunya, sayangnya banyak sekali youtuber zaman now yang terlalu berlebihan menggunakan klik bait, sehingga kesan buruk menempel pada istilah ini.

Bisa dibilang saat ini klik bait = vulgar, tetapi sebenarnya tidak demikian, itu merupakan teknik penyajian konten supaya bisa meningkatkan minat para viewer.

Misalkan a  da 2 konten yang membahas tentang cara membuat popcorn

Konten A memiliki isi yang bagus, tetapi dengan judul seperti ini
“ Cara membuat popcorn “
Sedangkan konten B memiliki isi yang kurang bagus tetapi memiliki judul seperti ini
“Cara sederhana membuat popcorn, 5 menit jadi”

Mana yang akan kalian pilih? Jika kalian sepemikiran dengan admin akan memilih konten B, walaupun pada akhirnya akan memilih A, tetapi kesan pertama yang muncul di otak kalian adalah klik konten B.

Itulah sebenarnya yang disebut dengan klik bait.

Selain dengan judul, kalian juga bisa melakukan klik bait dengan gambar yang meningkatkan minat viewernya.

Apakah teknik ini penting? Tentu saja, ini merupakan salah satu strategi pemasaran dengan membuat kesan pertama terhadap minat kalian.

0 Response to "Sedikit Strategi Buat Kalian Yang Masuk Ke Dunia Youtube"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel